11 Juni 2020 10:09:49
Ditulis oleh admin

Kegiatan Donor Darah Desa Kedungsoko Tetap Terlaksana Meski di Masa Pandemi

Kegiatan Donor Darah yang diadakan oleh Posyandu Remaja Ronggolawe dan Posykesdes Moro sehat Desa Kedungsoko,  serta diikuti oleh beberapa elemen masyarakat Kedungsoko berjalan lancar dan aman meskipun pada masa pandemi Covid-19. Kegiatan donor darah ini rutin dilakukan oleh Posyandu Remaja Ronggolawe dan Posykesdes Moro sehat Desa Kedungsoko setiap 3 bulan dan bekersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI )Tuban . Bedanya dengan kondisi pandemi saat ini, donor darah dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat dan dengan melaksanakan protokol donor darah aman, yakni sebelum melaksanakan donor darah pendonor dicek dahulu suhu badannya, diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, meminimalisir berkerumunan, dan juga sebelum melaksanakan donor darah pendonor dilakukan Rapid Test terlebih dahulu. Jika hasil rapid test non-reaktif, maka diperbolehkan mendonorkan darahnya, namun jika reaktif maka calon pendonor tersebut akan diisolasi dan dirawat sesuai dengan protokol kesehatan anjuran pemerintah mengenai penanganan pasien Covid-19.

Bapak H Rifa'i selaku kepala desa menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan donor darah kali ini sekaligus juga dilakukan Rapid Test kepada para perangkat desa Babimkamtibmas dan sebagian elemen masyarakat. "Selain donor darah, kegiatan kali ini juga sekalian untuk Rapid Test kepada perangkat desa, Babinsa,Babinkamtibmas  dan juga sebagian warga. Agar mengetahui yang reaktif dan non-reaktif. Dan Alhamdulillah hasilnya non-reaktif  yang jumlah peserta 35 peserta yang10 peserta dak bisa ikut donor darah  karna HEMOGLOBIN Minimal 12,5.    jadi Insyaallah kegiatan donor darah kali ini aman, darah yang dikumpulkan pun dapat didonorkan kepada pihak yang membutuhkan." ujar kepala desa.

Harapannya dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian kepada sesama dan untuk menumbuhkan nilai kemanusiaan kepada setiap warga, sebagaimana anjuran agama yakni selain memperbaiki hubungan dengan Allah (hablun minallah) juga diperlukan hubungan yang baik kepada sesama manusia (hablun minannas).



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus