23 Mei 2020 19:27:07
Ditulis oleh admin

HIPPA Tirto Sandang Pangan Desa Kedungsoko Menunaikan Zakat Hasil Panen Tahun 2019

HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) merupakan sebuah asosiasi petani yang menggunakan air irigasi. Kelembagaan HIPPA berperan sebagai pengelola irigasi, yang menjadi wadah petani pemakai air dalam suatu daerah pelayanan irigasi yang dibentuk secara demokratis.

HIPPA bekerja sama (syirkah) dengan petani dalam hal irigasi. HIPPA mengelola debit air yang disalurkan ke sawah-sawah para petani. Kerja sama yang dilakukan ini saling menguntungkan satu sama lain, baik dari pihak petani maupun pihak HIPPA. Petani dapat mendapatkan air yang bisa digunakan dalam mengairi sawahnya. Sedangkan HIPPA dapat imbalan 15 persen dari hasil panen petani, yang nantinya juga hasil tersebut dikumpulkan dan digunakan dalam memfasilitasi kebutuhan irigasi para petani.

Sebagai suatu kewajiban umat Islam dan menyempurnakan kewajiban puasa di bulan Ramadhan adalah menunaikan zakat. Dalam kesempatan kali ini, HIPPA Desa Kedungsoko yang bernama "Tirto Sandang Pangan" menunaikan zakat dari hasil kerjasama dengan petani yang telah terkumpul saat panen. Kegiatan ini dilakukan tiap tahunnya, pada tahun 2019 uang yang terkumpul dari hasil panen tersebut adalah sekitar 1 milyar setelah di kurangi belanja pengeluaran. sehingga pada tahun 2020 zakat yang ditunaikan adalah sebesar Rp. 25.000.000. Zakat ini dibagikan kepada para mustahiq (penerima zakat) yang ada di Desa Kedungsoko.

Selain kewajiban dalam ibadah, zakat juga bertujuan meningkatkan rasa kemanusiaan kepada sesama. Melalui ibadah zakat dapat membantu kepada para pihak yang membutuhkan, sehingga dapat membantu menyetarakan kesenjangan ekonomi yang ada di Desa Kedungsoko. Harapannya, zakat yang ditunaikan oleh HIPPA Tirto Sandang Pangan Kedungsoko ini juga dapat membantu sesama yang lebih membutuhkan, sehingga melalui berkah pahala zakat ini nantinya program-program HIPPA dapat berjalan dengan lancar.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus